Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan oleh Ibu yang Akan Melahirkan Anak Pertama?

Kehamilan adalah fase yang begitu menyenangkan untuk pasangan yang baru menikah. Dimana buah hati akan lahir dan meramaikan kehidupan setiap harinya. Proses kehamilan sendiri terbilang sebagai fase dimana perempuan bakal mengalami banyak perubahan. Sedangkan untuk sisi lelaki harus ekstra sabar karena mood istri yang naik-turun. Penantian mendapat anak pertama tentu menjadi tahapan yang memang mendebarkan sekaligus menggembirakan untuk pasangan.

Keduanya saling membantu dan memberi semangat agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Perempuan yang sedang hamil akan mendapat banyak masukan dari orang-orang terdekat. Biasanya hal ini dilakukan untuk menghilangkan berbagai pandangan negatif saat melahirkan. Beberapa sumber menyebut bahwa pemikiran positif bakal membantu Anda dalam menunjang kelancaran persalinan.

Proses persalinan yang pertama tentu akan membuat perempuan pada zona yang cukup menegangkan. Namun, jadi kenyataan yang sangat menyenangkan karena anak pertama bakal hadir ke dunia. Dari sekian banyak bentuk persiapan yang harus dilakukan. Mempersiapkan mental jadi kunci utama yang harus dipraktikkan sejak awal. Bagaimanapun Anda harus memenuhi diri dengan pengetahuan persalinan. Tidak perlu memikirkan kejadian negatif.

Pasalnya, persalinan bakal berjalan dengan lancar. Meskipun sakit hanya butuh waktu sebentar. Setelah itu, anak pertama itu lahir ke dunia dalam keadaan sehat. Persiapan mental perlu diperkuat karena dari sini semua proses menegangkan selama persalinan. Berubah relaks sekaligus mudah untuk dilalui. Tidak perlu khawatir buktinya hampir semua wanita berhasil melaluinya dengan baik. Nah, di bawah ini persiapan ibu melahirkan anak pertama yang harus Anda lakukan:

1. Menentukan dokter ataupun bidan
Sejak awal Anda harus sudah memilih dokter ataupun bidan. Pada dasarnya proses ini sudah dilakukan sejak pertama fase kehamilan. Ketika dari awal sudah jelas dokter yang dipilih. Maka, mempermudah Anda saat proses persalinan. Tidak perlu lagi sibuk harus pergi ke rumah sakit ataupun klinik yang mana.

2. Kesehatan
Selanjutnya persiapkan kesehatan fisik secara menyeluruh. Jangan sampai stres dan merasa khawatir yang berlebih. Ingat, persalinan akan berjalan dengan mudah. Semakin mudah ketika Anda terdukung oleh stamina terjaga hingga hari H.

3. Tempat bersalin
Pada dasarnya poin ini memiliki keterkaitan dengan nomor satu. Dimana sejak awal Anda sudah harus tahu harus kemana saat persalinan. Antara klinik A atau B. Jangan sampai karena tidak dipersiapkan dengan baik. Saat hari persalinan Anda harus heboh mencari rumah sakit.

4. Ketahui tahapan persalinan
Berikutnya ketahui tahapan persalinan. Pengetahuan ini sebaiknya diketahui sejak fase kehamilan. Anda juga harus mengikuti instruksi dari dokter ataupun bidang. Bagaimanapun proses persalinan menjadi hal yang sangat magic. Jadi, persiapkan detail sebaik mungkin.

5. Persiapan bayi
Melanjut pada mempersiapkan perlengkapan bayi. Pada dasarnya tidak perlu heboh dari awal. Anda bisa menyempurnakan kelengkapan bayi saat di sudah lahir. Terpenting adalah saat persalinan sudah ada sepasang bayu sekaligus kain untuk menghangatkan si buah hati.

6. Persiapan mental
Persalinan termasuk fase super dinantikan oleh mayoritas perempuan yang telah menikah. Tidak bisa dimungkiri bahwa gugup pasti dirasakan. Namun, untuk memperlancar semua ada baiknya Anda mempersiapkan mental dengan baik. Bahkan persiapan mental juga perlu dilakukan oleh suami. Mengingat ia akan menemani Anda dalam proses pertaruhan hidup tersebut.

7. Persiapan data penting
Anda juga perlu mempersiapkan dokumen penting lain. Hal ini biasanya dibutuhkan untuk proses registrasi selama di rumah sakit.