Mom Jangan Panik, Begini Cara Mudah Atasi Hidung Bayi Mampet

Mengalami hidung mampet pastinya menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Baik untuk orang dewasa atau anak - anak. Mengatasi masalah hidung tersumbat untuk bayi memang terbilang lebih hati - hati dibandingkan dengan orang dewasa. Beberapa orang tua merasa bingung bagaimana caranya untuk mengatasi hidung bayi mampet. Sebenarnya ada banyak cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, anda harus tahu bahwa hidung tersumbat bisa terjadi karena pada bagian hidung, pembuluh darah, dan pada jaringan hidung terjadi pembengkakan. Hal inilah yang membuat hidung menjadi tersumbat.

Cara pertama yang bisa digunakan mengatasi hidung tersumbat adalah menggunakan obat saline. Obat saline ini merupakan obat naspal spray yang sangat aman untuk bayi. Cara penggunaan obat yang satu ini sangat mudah, hanya tinggal meneteskannya saja di bagian dalam hidung. Setiap lubang hidung diberikan 2-3 tetes obat saline. Untuk memudahkan meneteskan obat maka kepala bisa di dongakkan menghadap atas, tunggu sekiranya 60 detik. Cara kerjanya adalah mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung terutama yang membuat hidung tersumbat. Setelah itu lendir akan keluar sendiri dari hidung.

Cara ke dua adalah menyedot ingus dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan ini tidak sembarangan melainkan alat khusus yang dibuat untuk bayi. Biasanya alat ini dikenal dengan sebutan bulb srynge. Alat ini memang aman untuk bayi namun pastikan usia bayi sudah mencapai enam bulan untuk bisa menggunakannya. Biasanya alat ini akan memudahkan kerja obat saline yang sudah digunakan sebelumnya. Setelah menggunakan obat saline maka lendir akan menjadi sangat encer. Menggunakan alat sedot ingus ini untuk membantu mengeluarkan ingus lebih mudah dan cepat. Caranya dengan memencet bagian yang menggembung lalu masukan ujung pipet ke dalam hidung, secara otomatis ingus akan tersedot. Keluarkan ingus dengan memencet kembali bagian menggembung dan masukan kembali ke hidung yang satunya. Lakukan hal ini hingga bayi anda benar - benar terbebas dari hidung tersumbat.

Cara ke tiga ini menjadi cara sederhana yang bisa anda lakukan. Ketika bayi anda mengalami flu atau hidung tersumbat, lakukanlah aktivitas berjemur. Rasa hangat yang didapat dari berjemur akan membuat lendir di dalam tubuh menjadi encer. Pada dasarnya berjemur ini akan membuat tubuh menjadi lebih kuat karena mempunyai kekebalan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terkena virus. Aktivitas ini hanya perlu dilakukan sekitar 10 menit pada pukul 10 pagi. Pada waktu itulah anda akan mendapatkan sinar UVB yang mengandung vitamin D. Agar tidak silau anda bisa menutup bagian mata bayi anda.

Cara yang ke empat ini bisa dilakukan ketika mandi. Cara mudah mengatasi hidung tersumbat adalah memandikan bayi dengan air hangat. Bayi memang identik mandi dengan air hangat. Selain menjaga suhu tubuh bayi agar tidak dingin, hal ini juga bisa bermanfaat untuk masalah hidung tersumbat. Caranya sama seperti ketika memandikan bayi, bedanya adalah coba untuk merendam baik sekitar tiga menit untuk membuat lendir yang ada di hidung encer. Itulah beberapa cara yang mudah yang bisa anda terapkan. Masih ada banyak cara lain yang bisa anda gunakan, cara - cara yang sudah dijelaskan di atas termasuk cara mudah dan ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan anda melakukannya dengan tepat agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan.