Tips Memilih Print Kain Agar Hasil Cetakan Terbaik

Berbagai jenis bidang usaha kini mengalami perkembangan yang cukup pesat, begitu juga pada industri percetakan. Industri percetakan terdiri dari berbagai macam benda dan salah satunya adalah kain melalui jasa print kain. Dulu untuk mencetak motif atau corak pada kain hanya bisa menggunakan cap atau sablon, namun saat ini zaman semakin canggih sehingga proses cetak bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan komputer. Tak hanya mudah, hasil desain yang dibuat dari komputer juga dinilai lebih rapi sehingga pemanfaatan kain bisa lebih efektif. Meskipun melakukan cetak kain saat ini lebih mudah dan cepat, Anda harus mengetahui lebih dulu tips memilih print kain agar hasil cetakan terbaik dan tidak salah pilih.

Tips Memilih Print Kain
1. Warna
Tips memilih print kain pada jasa print kain yang pertama adalah memerhatikan warna. Karena menggunakan sistem komputer, Anda harus lebih jeli karena akurasi warna pada LCD dengan warna asli hasil cetakan bisa saja berbeda. Agar hasil cetakan sesuai dengan keinginan, Anda harus melihat contoh hasil cetakan. Cara ini akan membuat Anda mengetahui dengan jelas hasil cetakan yang ditampilkan pada LCD komputer. Jika kurang puas, Anda bisa membicarakannya lagi hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

2. Kain
Setelah mengetahui warna yang akan digunakan, tips selanjutnya adalah mengetahui jenis kain yang digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa menggunakan kain jenis katun atau polyester. Kain tersebut akan membuat print kain menjadi lebih awet dan tidak mudah luntur. Jika kain akan digunakan untuk membuat gaun, Anda bisa menggunakan kain organdi untuk hasil baju yang lebih menawan.

3. Mesin Printer
Tips memilih print kain agar hasil cetakan terbaik yang selanjutnya adalah memeriksa mesin printer yang digunakan oleh penyedia jasa print kain. Meskipun desain dan kain yang digunakan sudah terbukti berkualitas, baik itu warna atau kain, Anda tidak boleh mengabaikan ‘alat perang’ yang akan digunakan untuk mencetak kain tersebut. Jika ingin mendapatkan hasil cetakan yang baik maka salah satu faktor utama yang harus diperhatikan adalah mesin printer yang digunakan. Penyedia jasa dengan kualitas baik pasti akan menggunakan mesin digital textile yang memang digunakan untuk produksi kain print.

4. Tinta
Tips memilih print kain yang terakhir adalah memerhatikan tinta yang digunakan pada mesin. Meskipun sudah cocok dengan beberapa hal pada penyedia jasa print kain, jangan lupa untuk memeriksa tinta yang akan digunakan untuk cetak kain. Pastikan tinta yang digunakan sesuai dengan jenis kain yang akan dicetak. Untuk Anda yang belum tahu, ada dua jenis tinta yang biasa digunakan pada print kain yaitu tinta latex dan tinta tekstil. Dari dua jenis tinta tersebut yang paling sering digunakan adalah tinta tekstil karena hasil yang diberikan sangat bagus. Tinta tekstil juga sudah melalui proses sertifikasi sehingga sangat aman ketika digunakan. Untuk tinta latex sendiri lebih cocok digunakan untuk bahan yang lebih lentur, seperti kulit atau transign.

Dari beberapa tips yang sudah disebutkan, jangan lupa untuk tetap teliti ketika memilih jasa print kain. Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang terbukti berkualitas dan terpercaya. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan dari testimoni pelanggan.
Itulah sedikit  ulasan tentang tips memilih print kain agar hasil cetakan terbaik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.