Teknologi dan Informasi Melalui Internet

Sistem pembelajaran konvensional dianggap tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman, selain disebabkan adanya pergeseran pendidikan yang tadinya berfokus pada dosen menjadi berfokus pada mahasiswa dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Banyak mahasiswa merasa bahwa sistem pembelajaran konvensional tidak menarik dan tidak mampu menumbuhkan minat mereka untuk terus belajar. Sehingga kehadiran teknologi dan informasi menjadi solusi penting untuk menumbuhkan minat belajar mahasiswa.

Terdapat beberapa alasan yang melandasi pentingnya penggunaan teknologi informasi (TI) dalam dunia pendidikan. Banyak sekolah yang memiliki komputer sendiri sehingga dimungkinkan untuk dikembangkan paket belajar PersonalInteraktif yang materi ajarnya dikemas dalam suatu software. Peserta dapat belajar dengan cara menjalankan program komputer atau perangkat lunak tersebut di komputer secara mandiri dan di lokasi masing-masing. Melalui paket program belajar ini peserta ajar dapat melakukan simulasi atau juga umpan balik tentang kemajuan belajarnya. Negara Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang tersebar dalam wilayah yang sangat luas, serta dihuni lebih dari 200 juta penduduk dengan distribusi secara tidak homogen. Kondisi ini memang disadari memiliki kendala ketika akan diterapkan sistem pendidikan konvensional (tatap muka). Maka teknologi informasi yang mungkin diterapkan untuk kondisi tersebut adalah melalui jaringan internet. Hanya dengan internet, computer, dan daya listrik dari sewa genset Anda bisa merasakan pembelajaran dengan system terbaru.  Melalui pembelajaran ini proses belajar dapat dijalankan secara online atau didownload untuk keperluan offline.

Mahasiswa dapat mengakses sistem kapan saja dan sesering mungkin (time independence), tidak terbatas pada jam belajar dan tidak tergantung pada tempat (place independence). Fungsi lain yang dapat digunakan untuk proses belajar tersebut melalui e-mail atau grup diskusi, yang dapat berinteraksi dan mengirimkan naskah secara elektronik. Pada perguruan tinggi, pemanfaatan teknologi informasi telah dibangun dalam suatu sistem yang disebut e-university atau electronic university. Pengembangan e-university ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya baik di dalam (internal) maupun diluar (eksternal) perguruan tinggi tersebut. Untuk kesamaan mutu dalam memperolah materi, dikembangkan paket belajar terdistribusi yaitu materi belajar ditempatkan/disimpan di sebuah server yang tersambung ke internet sehingga dapat diambil oleh peserta ajar, baik memakai WebBrowser ataupun File Transport Protocol atau FTP (aplikasi pengiriman file). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) E-learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer atau biasanya disebut internet. Anda juga bisa membuka link http://sewatama.com/id/product/power-rental/ untuk merasakan sensasi pembelajaran jarak jauh yang lebih lama dari seharusnya.