Bolehkah Pakai Handbody di Wajah Sebagai Pelembap?

Saat keadaan terdesak atau kulit wajah sangat kering, maka pakai handbody di wajah dianggap menjadi solusi terbaik. Namun begitu, apakah hal tersebut dibenarkan? Lalu apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dengan penggunaan produk yang tidak sesuai tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kulit Wajah vs Kulit Tubuh
Kulit wajah dan kulit tubuh diciptakan dengan tingkat ketebalan yang berbeda. Oleh karena itu, produk yang dibuat pun mengandung komposisi yang berbeda pula. Jika kulit tubuh mempunyai tebal sebesar 0,6 mm, maka kulit wajah hanya mempunyai tebal sebesar 0,2 mm saja. Perbedaan tingkat ketebalan inilah yang membuat kulit wajah cenderung lebih sensitif.

Jika dibandingkan dengan kulit tubuh, maka kulit wajah terbilang lebih sering terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, kandungan SPF dalam produk perawatan wajah lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan dalam produk perawatan kulit biasa. 

Walaupun terbilang lebih tebal jika dibandingkan dengan kulit wajah, namun kulit tubuh cenderung lebih kering. Hal ini karena kulit tubuh tidak mempunyai kelenjar minyak yang banyak, tidak seperti halnya kulit wajah. Kelenjar inilah yang berfungsi melembapkan tubuh.

Sebum pada Wajah
Seperti uraian di atas, kulit manusia mempunyai kelenjar lemak yang berfungsi melembapkan dirinya sendiri. Nah, kulit wajah merupakan satu bagian special yang mempunyai banyak kelenjar lemak penghasil sebum yang sangat berguna dalam mengatasi masalah sehari-hari. Selain melembapkan, sebum ini juga berfungsi menangkal bakteri jahat serta kotoran pada wajah.

Namun begitu, produksi minyak alami yang dihasilkan oleh kulit wajah setiap hari ini bisa berakibat pada tingginya risiko kerusakan kulit apabila tidak ditangani dengan baik dan benar. Oleh karena itu produk harus wajah lembut dan bersifat ringan. Sangat bertolak belakang dengan produk body lotion yang cenderung kompleks.

Dampak Pakai Handbody Di Wajah
Selain perbedaan kondisi kulit tubuh dan kulit wajah, perbedaan komposisi pada kedua produk tersebut sudah sangat jelas. Sehingga bisa dikatakan penggunaan handbody tidak sesuai jika digunakan untuk melembapkan wajah. Lalu apa yang terjadi jika Anda terpaksa menggunakan produk tersebut pada kulit wajah?

Pertama, pori-pori pada kulit wajah Anda akan tersumbat. Keadaan ini disebabkan karena komposisi yang digunakan dalam pembuatan produk body lotion tidak sesuai dengan ukuran pori-pori wajah, sehingga bisa membuatnya tersumbat. Tersumbatnya pori-pori kulit wajah ini bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Kedau, menimbulkan reaksi gatal-gatal atau alergi. Tak sedikit orang yang mnegalami hal tersebut. Kandungan pewarna serta wewangian di dalam body lotion bisa menimbulkan reaksi berlebih bagi sebagian orang.  Di samping itu, bukannya membuat kulit wajah menjadi lembap sempurna, justru body lotion bisa menimbulkan produksi minyak berlebih pada wajah.

Jika Anda menngaplikasikan produk body lotion pada wajah dalam rentan waktu yang cukup ;ama. Tidak menutup kemugnkinan bahwa hal tersebut bisa memunculkan ciri-ciri kerusakan pada wajah seperti terdapatnya flek dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui dampak serta akibat yang bisa ditimbulkan, maka Anda bisa menghilangkan solusi pakai handbody di wajah dalam kondisi apapun karena hal tersebut bisa membuat kulit wajah Anda bermasalah. Jika Anda ingin mengetahui informasi lainnya terkait kecantikan dan kesehatan tubuh, silahkan kunjungi orami.co.id.