Cara Merawat Kaos Dengan Sablon DTG

Pada umumnya untuk proses print kaos menggunakan sistem digital printing atau disebeut printer DTG ini sama dengan proses print kaos berbagai macam warna, dalam artian baik itu sablon kaos putih polos atau bisa juga sablon kaos warna proses awal dan akhir sama tetapi ada satu proses yang membedakannya yaitu, untuk sablon kaos putih hanya butuh proses print satu kali saja dan tidak membutuhkan tinta putih sedangkan untuk sablon baju berwarna memerlukan proses print 2 kali dan membutuhkan tinta putih. Sehingga perawatan sablon pada kaos ini juga mesti diperhatikan.

Karena dari segi hasil juga berbeda untuk kaos putih tinta lebih meresap ke serat kain dan juga harga lebih murah, sedangkan untuk kaos warna hasil akan lebih timbul hasilnya karena perlu didasari tinta putih, untuk harga juga biasanya lebih mahal sedikit. Berikut adalah cara perawatan print kain DTG supaya awet :

Merendam kaos dengan waktu yang sesuai
Jika kamu mencuci mencuci kaos, jangan rendam terlalu lama jangan sampai melebihi 1 jam dan jangan pula Kurang dari 5 menit usahakan sekitar 15 menit saja dan gunakan detergent secukupnya. Karena apabila berlebihan maka dapat membuat kaos cepat rusak.

Jangan disikat
Ketika mencucinya, tidak masalah jika ingin disikat asalkan jangan berlebihan atau terlalu kasar. Supaya gambar pada kaos nya tidak rusak. Dan jangan pula dikucek atau memeras kaos terlalu kuat supaya kaos tidak mudah melar.

Usahakan menghindari mencuci kaos dengan mesin cuci
Lakukan saja secara manual menggunakan tangan, karena jika menggunakan mesin cuci maka mengakibatkan kaos menjadi mudah melar, dan berakibat pada pori-pori kain menjadi kasae. Hal ini yang bisa terjadi karena saat berputar kaos akan menerima beban tarik – ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

Jangan gunakan pemutih
Tentu hal tersebut akan membuat kaos kamu tampak terlihat kusam dan sablonan kaosnya akan jadi luntur, karena pemutih itu mengandung zat kimia. Jadi tidak baik jika digunakan untuk kaos apalagi dalam ukuran jumlah banyak. Untuk pengganti pemutih, alangkah bagusnya gunakan saja pengharum kaos seperti molto. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit perendaman setelah proses mencuci baju.

Menjemur kaos secara terbalik
Agar terhindar dari warna kaos dan hasil print kaos dtg tidak memudar, alangkah bagusnya jemur kaos anda dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar.

Gunakan Hanger
Jemur kaosnya menggunakan hanger yang pas, jangan terlalu besar, karena jika mengunakan hanger yang besar dapat membuat leher kaos menjadi semakin melar atau membesar.

Setrika
Dan yang terakhir untuk proses yang satu ini, pastikan dulu kaos yang kamu miliki benar-benar kering. Jika sudah, atur suhu setrika dengan suhu sedang saja. Dan jangan terlalu panas. Karena akan membuat gambar pada kaos akan mudah terkelupas.