Ini Dia 7 Cara Aman Belanja di Toko Online

Belanja online zaman sekarang sudah menjadi kebiasaan. Karena sangat populer, metode belanja di toko online termurah ini banyak orang melakukan penyalahgunaan, misal pembajakan akun. Agar terhindar dari hal ini, Blibli memiliki cara agar belanja aman hingga barang Anda sampai. Simak ulasan lengkap 7 cara aman belanja di toko online.

Gunakan Web Browser yang Resmi
Pencegahan dini paling aman dan sangat sederhana yaitu dengan download browser dari situs resminya. Hal ini akan membuat aktivitas belanja lebih aman. Toko online termurah pasti sudah menyiapkan situs dengan sistem terbaik mereka agar konsumen aman mengakses situs tersebut.

Gunakan Antivirus dan Antimalware Resmi
Selain harus download aplikasi dari situs resmi, Anda juga harus menggunakan antivirus. Anda harus menggunakan antivirus yang update agar bisa mendeteksi serangan cyber phising. Antivirus yang gratis dan bisa kapan saja didownload setiap pengguna internet kini sudah banyak.

Namun lebih aman menggunakan antivirus berbayar untuk mengurangi serangan dari penjahat cyber. Antivirus berbayar memiliki kelebihan fitur yang lebih lengkap dan bisa maksimal dalam scanning virus. Gunakan antivirus di setiap perangkat smartphone maupun PC.

Hindari Sharing Device
Saat belanja, hindari sharing device, sebaiknya Anda menggunakan fitur incognito Window atau Private Browsing saat belanja di toko online. Pastikan hanya Anda yang mengunakan aplikasi dengan kain tersebut untuk melakukan pembelian pribadi. Jangan sampai satu akun digunakan untuk beramai-ramai.

Ganti Password Berkala
Sebaiknya Anda mengganti password secara rutin agar para hacker tidak bisa membobol akun Anda. Gunakan password yang tidak mudah ditebak, misalnya dengan kombinasi angka dan huruf. Jangan menggunakan data pribadi seperti tanggal lahir untuk password.

Mengetik Sendiri Nama Website
Para penjahat atau hacker sering kali mencuri data dengan cara phising. Mereka mengirimkan Anda link/URL yang berisi penawaran spesial sehingga membuat Anda memasukkan data pribadi. Anda harus hati-hati dengan email seperti ini. Link ini memang cukup sulit dibedakan dengan link website yang asli.

Sehingga lebih aman jika Anda mengetik nama website tersebut secara manual. Hindari klik URL yang tidak jelas sumbernya. Terutama URL hidup yang biasa tercecer di media social atau broadcast WhatsApp.

Pilih Situs yang Dikenal
E-commerce sangat banyak, websitenya sangat mudah ditemukan. Pastikan sudah tahu e-commerce tersebut agar lebih aman. Selain itu, tanyakan kualitas toko online tersebut ke teman Anda. Anda perlu memperhatikan URL sejak pembelian hingga pembayaran. Sebaiknya gunakan HTTPS yang merupakan protokol yang mengenkripsi data sehingga semua aktivitas tidak terbaca oleh orang lain.
Menyimpan Informasi Resmi dan Semua Bukti

Transaksi Jangan menghapus semua file, data dan bukti transaksi yang sudah dilakukan seperti chat, email, atau percakapan di sosial media. Situs Belanja online resmi pasti memiliki fasilitas konfirmasi pemesanan, pembelian, hingga pembayaran yang dikirimkan ke SMS atau email.

Semua chat tersebut jangan dihapus sebelum barang Anda datang dengan selamat. Hal ini untuk mengantisipasi jika barang tidak sampai, rusak di perjalanan, atau salah ukuran. Sehingga Anda bisa mengajukan klaim terhadap situasi ini.

Tidak bisa dipungkiri kebiasaan belanja di toko online termurah semakin bertambah dan semakin banyak pula penjahat cyber yang mencari keuntungan. Oleh karenanya, Anda harus lebih berhati-hati saat berbelanja di situs e-commerce manapun. Jadilah pembeli yang selektif dalam memilih toko online yang tepat.