Resep Membuat Macaroni Schotel Kukus Yang Mudah

Kuliner dari bahan makaroni ini ternyata telah masuk ke Indonesia sejak lama, rasanya yang lezat sekaligus mengenyangkan perut membuatnya seringkali disajikan dalam acara kumpul bersama teman atau keluarga dan nikmat disantap beramai-ramai. Makaroni schotel sendiri memiliki dua pilihan dalam memasaknya yakni dikukus atau dipanggang, namun dalam resep makaroni schotel kali ini diterapkan kedua cara tersebut supaya lebih mantap hasil masakannya, bila anda suka makaroni yang dipanggang saja juga tak menjadi masalah hanya perlu diganti  pada proses merebus makaroni yakni sampai matang sempurna.

Bahan-Bahan Makaroni Schotel
  • 150 gram makaroni
  • 1 buah bawang Bombay, potong halus memanjang
  • 4 siung bawang putih, potong tipis
  • 150 gram daging sapi asap, atau boleh juga digantikan dengan kornet agar lebih praktis
  • 3 butir telur ayam
  • 135 gram keju cheddar, potong dadu atau parut
  • 200-250 ml susu murni cair
  • 2 sendok makan margarin
  • ¼ buah biji pala, dihaluskan lebih dulu
  • ¼ sendok teh merica haluskan juga
  • ¾ sendok teh garam halus
  • 100 gram keju parut (sebagai topping hidangan)
  • Saus tomat dan saus sambal secukupnya
Setelah semua bahan tersedia, siapkan juga segala peralatannya agar proses memasak resep makaroni schotel di bawah ini berjalan lancar. Ikutilah petunjuk dari setiap tahapan yang ada dengan baik agar hasil yang didapatkan maksimal.

Cara Membuat Makaroni Schotel
  1. Mula-mula persiapkanlah makaroni agar siap diolah lebih lanjut, yakni dengan merebus makaroni dalam air mendidih namun jangan sampai matang, kira-kira ¾ tingkat kematangannya. Campurkan minyak goreng secukupnya upaya makaroni tidak lengket. Angkat dan tiriskan di wadah lain.
  2. Selanjutnya panaskan margarin untuk menumis irisan bawang Bombay dan bawang putih. Tumislah hingga keluar bau harumnya lalu masukkan daging asap atau koret ke dalamnya, aduk dan masak hingga warna daging berubah.
  3. Siapakanlah mangkuk berukuran cukup besar untuk mencampur seluruh bahan supaya tidak tercecer. Masukkan makaroni yang telah direbus sebelumnya bersama telur ayam, keju, susu, pala, merica, dan garam. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur merata.
  4. Selanjutnya siapkan loyang bentuk balok. Olesi seluruh sisi loyang dengan margarin, tuangkan adonan ke dalam loyang.
  5. Siapkan panci kukus, jangan lupa tutupnya di lapisi dengan kain serbet bersih terlebih dahulu supaya uap air tak menetes dalam adonan. Kukus makaroni kurang lebih 15 menit. Adonan dikukus terlebih dahulu sebelum dipanggang bertujuan untuk mematangkan makaroninya, sedang memanggang untuk mengeluarkan aroma bumbu serta keju nya.
  6. Berikutnya angkat makaroni kukus dan tabrakan keju parut di atasnya. Panggang sekitar 45 menit pada suhu  oven 200 derajat Celcius. Ketika hampir memasuki menit-menit akhir silahkan liat panggangan, bila adonannya sudah berubah coklat keemasan maka boleh diangkat sebab makaroni yang terlalu lama dipanggang justru teksturnya bisa mengeras dan tentu saja mempengaruhi kelezatan sajian resep makaroni schotel itu sendiri.

Setelah matang, siapkan susun makaroni panggang di atas piring saji, sementara saus sambal dan saus tomat di tempatkan dalam mangkuk terpisah supaya bisa dipilih sesuai selera. Resep makaroni schotel selesai dan siap dinikmati.