Ibu Hamil Berisiko Terinfeksi, Hindari dengan 4 Hal Ini

Ibu hamil dapat menularkan penyakit jika terkena infeksi seperti cytomegalovirus, toxoplasmosis, ataupun parvovirus pada janin. Infeksi yang dialami saat masa kehamilan akan membahayakan janin di dalam kandungan.  Berikut ini hal yang harus Anda hindari sebagai ibu hamil agar tidak berisiko terinfeksi virus dan bakteri.

1. Hindari Daging dan Susu Tanpa Proses Pasteurisasi
Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi daging dan susu yang merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Pastikan daging dan susu telah melewati proses pasteurisasi. Jangan mengonsumsi daging dan susu jika tidak melewati proses pasteurisasi karena akan mengandung banyak bakteri hingga dapat menginfeksi.

Pasteurisasi adalah proses sterilisasi kuman dan bakteri melalui pemanasan suhu 60 derajat sampai dengan 70 derajat celcius selama 30 menit. Kuman dan bakteri baru akan mati di suhu itu. Khusus susu yang dimaksud adalah susu murni. Jika susu kaleng atau susu kental manis pastikan Anda menggunakan air dengan suhu minimal 60 derajat.

Anda akan lebih aman jika mengonsumsi susu khusus ibu hamil dengan kandungan yang aman untuk Anda dan bayi di dalam kandungan. Anda bisa mendapatkannya dengan berbelanja di JGOS yang menyediakan berbagai produk berkualitas.

2. Hindari Makan Tanpa Cuci Tangan
Anda harus melakukan cuci tangan sebelum makan apa pun. Baik itu makan nasi atau pun hanya sekadar makan buah dan camilan. Anda harus memastikan tangan dalam kondisi yang steril agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel. Pastikan juga ketika Anda akan memasak dan memegang sayur-sayuran juga lauk-pauk maka cuci tanga terlebih dahulu.

3. Hindari Berbagai Alat Makan
Menjaga keamanan dari kuman dan bakteri harus Anda lakukan dengan menghindari diri untuk berbagi alat makan dengan orang lain. Termasuk juga dalam berbagi makanan sebab kuman dan bakteri bisa saja berasal dari orang yang bersangkutan. Anda harus sangat hati-hati dan waspada jika makan di luar rumah. Pastikan untuk lebih dulu mengelap sendok yang diberikan.

4. Hindari Hewan
Jika Anda merupakan orang yang memiliki binatang peliharaan seperti kucing dan sangat senang bermain dengannya maka sebaiknya dihindari. Pada masa kehamilan kendalikan diri Anda untuk tidak memeluk binatang dan hindari untuk membersihkan kandangnya.

Sebab hewan merupakan sumber dari infeksi dan kuman yang dapat menyerang Anda nantinya. Anda harus mengontrol diri dengan baik agar tidak mendekati hewan peliharaan. Jika hewan tersebut biasanya di dalam rumah, Anda bisa memindahkannya untuk sementara waktu ke tempat yang jauh dari Anda.

Selain menghindari 4 hal di atas Anda juga perlu waspada dengan melakukan suntik imunisasi jika diperlukan. Ketika kondisi kesehatan Anda menurun segera lakukan konsultasi ke dokter agar bisa segera mengantisipasi berbagai risiko yang dapat terjadi.