Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Sariawan atau yang dalam istilah kesehatannya disebut stomatitis aftosa adalah suatu keadaan dimana selaput lendir mulut mengalami luka, luka tersebut berupa bercak putih atau kuning yang bentuknya cekung, dan di sekitarnya kemerahan. Keadaan ini akan sangat mengganggu penderitanya, karena rasa sakit yang amat sangat untuk makan, minum, bahkan berbicara. Ada beberapa cara mengobati sariawan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan bahan alami berikut :

1. Air Kelapa
Bila anda mengenal air kelapa hanya sebatas obat dehidrasi saja, ternyata ada khasiat lain yang dimiliki air kelapa. Kandungan dalam air kelapa mampu mengeluarkan zat-zat beracun yang tidak baik dari dalam tubuh, bahkan ketika seseorang keracunan salah satu pertolongan pertamanya yakni dengan air kelapa hijau.

Air kelapa juga bersifat mendinginkan saluran pencernaan, dan menghidrasi tubuh. Sehingga menjadi salah satu cara mengobati sariawan, sebab sariawan salah satu penyebabnya bisa karena tubuh kekurangan cairan.

2. Daun Jambu Biji
Tak hanya ampuh mengatasi diare, daun jambu biji ternyata bisa juga mengatasi keluhan sariawan anda dan obat iritasi lainnya.  Caranya dengan mengunyah beberapa lembar daun biji yang telah dicuci bersih selama beberapa saat, kemudian berkumur-kumur untuk membilasnya. Lakukan cara ini rutin 2 kali sehari sampai sariawan sembuh.

3. Garam dan Baking Soda
Garam bersifat anti seprik yang mampu melawan bakteri penyebab sariawan.  Caranya adalah berkumur-kumur dengan air garam atau dibuat menjadi pasta. Mencampurnya dengan baking soda akan membuatnya bekerja semakin maksimal sebagai cara mengobati sariawan. Caranya mudah campurkan saja baking soda dan garam kemudian beri sedikit air hingga berbentuk pasta.

Oleskan pada luka sariawan dan tunggu sekitar 10 menit, kemudian basuh dengan air bersih.

4. Perbanyak konsumsi buah dan air putih
Sariawan kebanyakan terjadi karena kebutuhan vitamin C tubuh tidak tercukupi atau tubuh kurang terhidrasi dengan baik. Cara yang praktis dan juga lezat yakni rutin mengonsumsi buah-buahan terutama yang kandungan vitamin C nya tinggi, seperti jambu biji, apel, jeruk lemon, tomat, dan lainnya. Selain vitamin C anda juga harus mencukupi kebutuhan air setiap hari, jadi minum air 8 gelas per hari tidak boleh ditinggalkan meski sariawan sudah sembuh.

5. Pisang dan Madu
Campuran dari pisang dan madu asli merupakan cara mengobati sariawan dengan mengatasi peradangan yang terjadi pada luka sariawan tersebut. Caranya, haluskan buah pisang menggunakan sendok, lalu campurkan dengan madu. Oleskan langsung pasta ini pada ulkus (luka sariawan) rutin sampai sembuh

6. Kunyit
Jika biasanya kunyit dikenal sebagai obat saluran pencernaan dan melancarkan haid, rempah ini ternyata juga berkhasiat menyembuhkan sariawan dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu mencuci kunyit secukupnya lalu cuci bersih setelah itu parut. Campurkan dengan 1 sendok teh gliserin lalu untuk dioleskan langsung ke luka sariawan.

7. Bawang Putih
Kemampuan yang dimiliki bawang putih untuk mengobati sariawan adalah menyembuhkan luka dengan cepat. Caranya potong ujung bawang putih kemudian tinggal dioles-oleskan saja pada ulkus. Ulangi cara ini pagi dan malam hari.

8. Yogurt
Dalam penyembuhan sariawan, yogurt berperan untuk menyeimbangkan bakteri baik yang ada dalam rongga mulut, sebab seperti yang kita ketahui bakteri merupakan salah satu pemicu sariawan. Mengonsumsi yogurt setiap hari bisa menyembuhkan sariawan dengan cara yang nikmat.

Pembaca, perlu diperhatikan bahwa cara mengobati sariawan di atas semuanya menggunakan bahan alami, jadi harus sabar dan rutin dilakukan karena tak bisa seketika sembuh seperti penggunaan obat kimia. Namun meski begitu, memilih cara ini tentu lebih aman dan tentunya murah.